Pergi
Traveling dalam waktu yang lama tentunya sangat membutuhkan tempat
beristirahat yang nyaman, agar tenaga kita kembali pulih untuk
melanjutkan perjalanan mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah kita
tentukan sebelumnya. Menginap di penginapan atau hotel
seharusnya menjadi bagian yang sangat menyenangkan dari suatu rangkaian
perjalanan wisata, namun seringkali kita dapatkan wisatawan yang merasa
kecewa walaupun telah menginap di hotal berbintang 5 sekalipun.
Sebenarnya kekecewaan ini terkadang bukan sepenuhnya karena kesalahan
dari pihak hotel atau buruknya pelayanan hotel, melainkan karena
wisatawan yang menginap di hotel tersebut tidak mengindahkan hal-hal
kecil yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan dan menimbulkan kekecewaan
saat menginap di hotel. Berikut Tips sederhana untuk mengurangi
kemungkinan anda kecewa saat menginap di hotel :
1. Biasakan Mengecek Kamar
Bila
telah melakukan Reservasi di sebuah hotel, dan akan beranjak masuk ke
kamar hotel, sebaiknya jangan langsung membongkar bawaan dan langsung
tidur, periksa dahulu kamar yang telah anda pesan, pastikan semua dalam
kondisi baik, mulai sprei harus licin dan tidak bau, AC bisa nyala
dengan normal, Shower dan TV juga bisa berfungsi dengan baik. Apabila
menurut anda ada yang tidak beres, segeralah meminta ganti kamar, namun
tentunya harus dilakukan dengan sopan dan tidak menyinggung pihak
manapun. Dan bila kamar yang telah anda pesan semuanya dalam kondisi
baik-baik dan semuanya bisa berfungsi, barulah anda bisa membongkar
barang bawaan dan menikmati hotel yang telah anda pesan dan bisa
beristirahat dengan nyaman melepaskan lelah.
2. Selalu Perhatikan Kebersihan
Meskipun
anda memesan dan menginap di hotel bintang 5, faktor kebersihan harus
selalu diperhatikan. Karena menurut penelitian beberapa ahli di Amerika
Serikat, terungkap beberapa peralatan hotel bisa terkontaminasi bakteri.
Peralatan tersebut diantaranya adalah Remote TV, Saklar Lampu, dan
Handle pintu. Namun yang paling sering terkontaminasi bakteri adalah
Remote TV dan Saklar lampu, sehingga sebaiknya sebelum menggunakan kedua
peralatan tersebut anda
disarankan untuk melap kedua peralatan ini dengan tissue basah. Bakteri
juga dapat mengkontaminasi peralatan lainnya seperti gelas atau cangkir
dan ketel pemanas air, untuk itu peralatan ini harus di cuci sebelum
dipergunakan kembali.
3. Konfirmasikan Kembali Fasilitas Hotel yang Tersedia
Ada beberapa
fasilitas hotel yang memang disediakan oleh pihak hotel secara gratis,
namun ada juga beberapa fasilatas yang disediakan bersifat setelah
dipergunakan penghuni kamar dikenakan charge. Untuk mengantisipasi
hal-hal tersebut ada baiknya mengkonfirmasikan kembali mana-mana
fasilitas yang bisa dipergunakan secara gratis, dan mana yang dikenakan
biaya atau charge setelah memakainya. Jangan sampai terjadi ketika anda
check out dikenakan charge untuk perlatan atau fasilitas hotel (misalnya
internet/Wifi).yang telah anda pergunakan, meskipun pada awalnya anda
berpikir bahwa fasilitas tersebut gratis, tentu anda akan merasa kecewa.
4. Mengganti Handuk Lama dengan yang Baru
Bila melakukan
pemesanan dan menginap di hotel untuk waktu lebih dari 1 hari, ada
baiknya untuk mengganti handuk yang telah kita pakai dengan handuk yang
lebih bersih setiap hari. Dengan cara meletakkan handuk lama kita di
lantai bila menginginkan handuk yang bersih, karena selama handuk lama
yang kita pakai masih tergantung pihak hotel tidak akan mengganti handuk
kita dengan handuk yang lebih bersih. Namun harus dipertimbangkan juga,
pergantian handuk setiap hari akan memperbanyak limbah, memboroskan
energy listrik dan air. Go Geen harus tetap di perhatikan untuk
menghemat sumber daya alam kita.
5. Menyimpan Barang-barang Berharga
Seringkali kejadian tamu hotel kehilangan barang berharga saat di tinggal di kamar hotel, untuk itu sebaiknya bagi anda yang menginap di hotel dan akan meninggalkan kamar hotel untuk mengunjungi obyek wisata yang telah kita tentukan jangan pernah menaruh dan meninggalkan barang berharga anda di kamar hotel, simpan dan taruhlah di Safe Deposit Box dan kunci dengan baik kotak tersebut, untuk menghindari kehilangan barang berharga anda.
6. Gunakan Fasilitas Wake-Up Call
Bila anda adalah type orang yang susah bangun terlebih lagi kenyamanan kamar hotel semakin membuat anda semakin terlelap, pergunakan Fasilitas Wake Up Call yaitu petugas hotel akan menelpon kamar anda sesuai dengan jam yang anda minta. Bagi anda yang mempunyai jadwal pagi hari untuk berkunjung ke tempat wisata fasilitas Wake up Call sangat membantu.
7. Pergunakan Waktu Sarapan
Setiap hotel pada umumnya menyediakan sarapan bagi penghuni hotel antara jam 06.00 s/d 10.00 pagi. Di luar jam tersebut restorant hotel sudah tidak lagi melayani para penghuni hotel, untuk itu pergunakan waktu yang disediakan pihak hotel sebaik-baiknya agar anda dapat menggunakan fasilitas sarapan ini. Jangan sampai karena kenyamanan kamar hotel membuat anda lupa untuk memanfaatkan fasilitas sarapan yang diberikan hotel kepada kita.
Demikian Tips bagi anda agar lebih nyaman menginap di hotel yang telah anda pesan, semoga pengalaman anda menginap di hotel selalu menyenangkan. Karena dengan beristirahat dengan nyaman di hotel, keinginan anda untuk terus melakukan kegiatan wisata bisa terlaksana dengan baik
Written by WISESATRAVEL.COM